Pengertian Mail Merge
Mail Merge bisa diartikan sebagai penggabungan surat, dalam
hal ini surat (document) digabung
dengan data.
Mail Merge sangat membantu dalam pembuatan surat yang banyak
dengan isi yang sedikit berbeda satu sama lain. Contoh yang bisa dilihat
sehari-hari adalah pembuatan surat undangan. Surat undangan mempunyai isi yang
sama tapi ditujukan kepada alamat yang berbeda-beda. Jika kita harus membuat
surat undangan untuk satu orang, kemudian kita harus mengganiti nama dan alamat
untuk orang yang lain alangkah merepotkannya, tapi jika kita menggunakan Mail
Merge, untuk mennganti satu orang dengan orang lain yang kita undang kita hanya
cukup melakukannya dengan hanya satu klik saja.
Keuntungan lain dengan menggunakan Mail Merge adalah data
orang-orang yang kita undang tersimpan dalam satu database, dimana data
tersebut dapat dipergunakan lagi jika kita membutuhkannya.
Pembuatan surat dengan menggunakan Mail Merge dapat dilakukan
dengan beberapa cara, dengan cara manual maupun dengan memanfaatkan wizard
Dari cara pengambilan
datanya pembuatan surat dengan Mail Merge juga dapat dilakukan dengan berapa
cara. Cara pertama Microsoft Word
sendiri menyediakan fasilitas untuk mengelola database untuk Mail Merge, data
tersebut tersimpan dalam bentuk .db atau format database untuk MS Acess.
Cara kedua data kita membuat sendiri data base untuk Mail
Merge kita dengan menggunakan tabel di Microsoft Word atau data yang dibuat di
Microsoft Excel.
Dalam bab ini kita hanya akan mencoba membuat, surat dengan
memanfaatkan wizard, karena cara pembuatan Mail Merge nya lebih mudah. Database
yang kita gunakan adalah database dengan memanfaatkan fasilitas database yang sudah disediakan oleh
Microsoft Word.
Contoh kasus dalam pembahasan kali ini adalah kita
akan membuat sebuah undangan seperti pada Gambar 1 dibawah ini. Sebagai bahan latihan file nya bisa di download di sini
Gambar 1 Contoh Surat Undangan |
Dari surat undangan tersebut,
hanya nama dan alamat yang dituju yang akan berubah-ubah (text yang diberi
highlight berwarna kuning).
Untuk mendapatkan versi cetaknya silahkan download link dibawah ini Gratis (passwordnya: inkids)
- 4share
- atau di sini tanpa password tanpa login filecloud.io
Cara Membuatnya
- Buat document baru sebuah surat undangan, seperti Gambar 2 dibawah ini
Gambar 2 Dokumen utama Surat undangan untuk di Mail Merge - Klik Mailings di menu, untuk
memulai Mail Merge
Gambar 3 Klik Mailing di Menu - Klik Start Mail Merge di
Ribbon Menu
Gambar 4 Klik Start Mail Merge - Klik Step by Step Mail Merge Wizard...
Gambar 5 Step by Sterp Mail Merge Wizard... - Di sebelah kanan dokumen akan muncul jendela Mail Merge, seperti terlihat pada Gambar 6 dibawah ini. Pilih Letters di Radio Button Select document type, untuk menentukan bahwa dokumen yang dibuat adalah sebuah surat.
- Klik Next: Starting document
Gambar 6 Select document type - Jendela Mail Merge akan berubah seperti pada Gambar 7 dibawah ini, di Select starting document pilih Radio Button Use the current document, untuk menggunakan dokumen yang sedang dibuka (undangan)
- Klik Next: Select Recipient, untuk memilih
data
Gambar 7 Select starting document - Jendela Mail Merge akan
berubah lagi menjadi seperti pada gambar 8 berikut, karena kita belum mempunyai
data maka kita pilih Type a new list di Radio Button Select recipients
Gambar 8 Select recipients dan Create... - Klik Create...akan mumcul Jendela New Address List, seperti pada Gambar 9 dibawah ini,
- Dari jendela ini terlihat
bahwa Field-field (Kolom-kolom) telah disediakan oleh Mail Merge, tapi
field-field tersebut tidak cocok dengan apa yang akan kita buat
Gambar 9 Jendela New Adress List dengan field (Kolom) yang telah disediakan - Untuk menyesuaikan data dengan data yang kita buat dalam hal ini data yang kita butuhkan adalah Nama dan Alamat, klik Customize Column...
- Akan muncul jendela Costumize
Address List, seperti tampak pada Gambar 10 di bawah, dari gambar tersebut
terlihat bahwa Field Names, tidak sesuai dengan field yang kita butuhkan, untuk
itu kita harus menghapus dahulu Field Names yang sudah ada
Gambar 10 Field Names yang disediakan secara default - Untuk menghapus field tersebut kita klik Delete
- Akan muncul jendela konfirmasi,
untuk meyakinkan bahwa field Title akan dihapus, klik Yes, field title akan
terhapus, begitu juga untuk Field First name, klik delete kemudian Yes,
demikian seterusnya sampai semua field yang tersedia terhapus
Gambar 11 Konfirmasi penghapusan field default - Setelah semua terhapus jendela
Costumize Address List akan terlihat kosong seperti pada Gambar 12 di bawah
ini, untuk membuat field Nama dan field Alamat klik Add...
Gambar 12 Tambah field baru sesuai kebutuhan - Akan Muncul Jendela Add Field,
isikan Nama di Text box Type a name for your field
Gambar 13 Mengisi Nama field dan klik OK - Klik OK
- Akan muncucl field baru nama
di daftar Field Names
Gambar 14 Nama field muncul di list, klik Add lagi - Klik Add... lagi untuk menambahkan field Alamat
- Isi Alamat di Textbox Type a
name for your field
Gambar 15 Isi field Alamat dan klik OK - Klik OK
- Field Alamat akan muncucl di
daftar Field Names, seperti terlihat pada Gambar 16
Gambar 16 Field Alamat akan muncul di daftar Field Names - Klik OK
Gambar 17 Field baru yang bisa diisi data - Akan muncul jendela New Address List dengan field yang telah disesuaikan yaitu Nama dan Alamat
- Untuk mengisi nama dan alamat
orang yang akan di undang kita bisa isikan di baris kosong dibawah judul Field
Nama dan Judul field Alamat
Gambar 18 Mengisi data baru dengan klik New Entry - Isikan nama dan alamat
sembarang saja seperti misalnya untuk baris pertama isikan Sandra untuk Nama
dan Bandung untuk Alamat. Untuk menambah data klik New Entry, isikan Andika di
Field Nama dan Jakarta di field Alamat, demikian seterusnya...isikan sesuai
tabel 1 dibawah ini. Setelah selesai akan terlihat
seperti Gambar 19 berikut ini
Tabel 1 Nama dan Alamat Panitia Reuni Gambar 19 Field Nama dan Alamat yang telah terisi data - Klik OK, sehingga muncul
jendela konfirmasi untuk mennyimpan data, Isikan Nama File untuk menyimpan
data, misalnya Data Reuni
Gambar 20 Menyimpan file data dengan nama Data Reuni - Klik Save, sehingga muncul
jendela Mail Merge Recipients seperti Gambar 21 berikut
Gambar 21 Jendela Mail Merge Recipients - Klik OK, sehingga jendela Mail
Merge akan tampak seperti Gambar 22 dibawah ini
Gambar 22 Jendela Mail Merge setelah pengisian data - Klik Next: Write your letters
- Jendela Mail Merge akan
berubah seperti Gambar 23, blok tulisan Nama
Gambar 23 Mengganti tulisan Nama dengan Field Nama - Klik More items... , akan
muncul jendela Insert Merge Field seperti Gambar 24 berikut
Gambar 24 Jendela Insert Merge Field untuk mengganti menjadi field Nama - Pilih Nama di daftar Field
- Klik Insert
- Klik Close
Gambar 25 Klik Close setelah memilih Field Nama - Tulisan Nama di Surat Undangan
akan berubah menjadi Nama Field, seperti terlihat pada Gambar 26 di bawah ini
Gambar 26 Perubahan Tulisan Nama di Surat Undangan - Ulangi hal ini untuk Alamat, blok tulisan Alamat
- Klik More Items...
Gambar 27 Mengganti tulisan Alamat dengan field Alamata - Pilih Alamat dari Daftar
Fields
Gambar 28 Jendela Insert Merge Field untuk mengganti menjadi field Alamat - Klik Insert
Gambar 29 Klik Close setelah memilih Field Nama - Klik Close untuk menutup jendela Insert Merge Field
- Setelah insert field bentuk
surat akan menjadi seperti pada Gambar 30 dibawah ini, dengan perubahan tulisan
Nama dan tulisan Alamat menjadi bentuk field
Gambar 30 Tulisan Nama dan Alamat yang telah berubah menjadi bentuk field - Klik Next: Preview your letters, untuk
melihat hasil Mail Merge
Gambar 31 Preview Surat Undangan setelah ditambahkan Mail Merge - Dalam surat ini Nama dan Alamat, telah berubah sesuai dengan data yang kita isikan
- Jika Nama dan Alamat tidak muncul klik Preview Result
- Untuk menuju ke data berikutnya klik >>
- Untuk kembali ke data sebelumnya klik <<
- Untuk melanjutkan klik Next: Complete the merge, Akan muncul
jendela Mail Merge seperti pada Gambar 32 berikut.
Gambar 32 Memilih Print untuk mencetak surat hasil Mail Merge - Klik Print... jika ingin
mencetak hasil mail merge, akan muncul kotak dialog Merge to Printer seperti
Gambar 33 dibawah ini
Gambar 33 Kotak Konfirmasi untuk mencetak surat hasil Mail Merge - Pilih Radio Button All untuk mencetak seluruh data, dalam contoh ini akan tercetak sebanyak 5 lembar. Current record, hanya akan mencetak apa yang terlihat di Surat yang ditampilkan hanya akan tercetak satu lembar. From ....to.... akan mencetak surat dari data ke.... sampai ke....
- Klik Ok jika sudah dipilih, klik Cancel jika batal print.
- Save lah Surat Undangan Kita
- Jika ingin menyimpannya di
dalam file tersendiri klik Edit individual letters... , akan muncul kotak
dialog Merge to New Document
Gambar 34 Kotak Konfirmasi untuk menyimpan hasil Merge dalam dokumen baru - Sama seperti jika memilih print, tapi dengan klik edit individual letters, surat akan di simpan dalam file baru, sehingga kita masih bisa melakukan editing sebelum di print.
- Surat baru hasil Mail Merge akan otomatis tersimpan dengan Nama Letter1, kita bisa melakukan save as dan memberi nama sesuai kehendak kita
Demikian pembahasan kali ini
mengenai pembuatan surat undangan dengan memanfaatkan Mail Merge di Microsoft
Word, terima kasih semoga bermanfaat.
Untuk mendapatkan versi cetaknya silahkan download link dibawah ini Gratis (passwordnya: inkids)
- 4share
- atau di sini tanpa password tanpa login filecloud.io
11 komentar:
nice share mail merge
thanks for information
maksih pakk membantu tugas saya ,salam dari kuamang Hendrawan
You're welcome. Sama-sama, sukurlah kalau bisa membantu
Sangat membantu
Sangat membantu
terima kasih. sangat membantu
terima kasih saya dapat ilmu yang anda sebarkan di blog ini
Terima kasih banyak informasinya
Ini semua sangat membantu mempermudah tugas saya
kok gue nyernanya susah banget yaa
ikuti saja tahap-tahapnya, atau kalau lebih suka bentuk buku bisa download versi cetaknya.
Terima kasih, senang bisa membantu
Posting Komentar